Melebihi Target, Berikut Capaian Kinerja Imigrasi Karimun pada Semester I Tahun 2024 - METRO 12 NEWS google.com, pub-3590882496691349, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Menu

Mode Gelap
Otto Hasibuan Lantik Pengurus PERADI Karimun Periode 2021-2026 8 PPTK Baperlitbang Karimun Diperiksa Jaksa Terkait Dugaan Korupsi Anggaran Perjalanan Dinas dan Makan Minum Kerahkan 254 Personel, Polres Karimun Lakukan Strong Point LSM CIC Soroti Kinerja Kacabjari Tg.Batu Dalam Kasus DD Gemuruh. Bakal Dilapor Ke Jamwas? Sekdes Ngaku Pakai DD, Kacabjari Diminta Tetapkan Tersangka Baru

KARIMUN · 28 Jul 2024 21:51 WIB ·

Melebihi Target, Berikut Capaian Kinerja Imigrasi Karimun pada Semester I Tahun 2024


 Melebihi Target, Berikut Capaian Kinerja Imigrasi Karimun pada Semester I Tahun 2024 Perbesar

Melebihi Target, Berikut Capaian Kinerja Imigrasi Karimun pada Semester I Tahun 2024

Karimun, metro12news.id– Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepri merilis capaian kinerja pada semester I tahun 2024.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun Zulmanur Arif menyampaikan, pada semester I tahun 2024 Imigrasi Karimun berhasil merealisasikan Penerimaan Negara Bukan Pajak sebesar Rp 5,6 Miliar dari target Rp 3,5 miliar atau jika dipersentasekan telah melebihi target sebesar 159,83 persen.

“PNBP yang sudah tercapai senilai Rp5.622.939.300 dari nilai target sebesar Rp3.518.100.000 sehingga per Juli ini target PNBP yang diberikan kepada kami sudah memenuhi target dari Direktorat Jenderal Keimigrasian kepada kami,” katanya.

Dari sisi penerbitan paspor sampai Juni 2024, Kantor Imigrasi Karimun telah menerbitkan 8,309 Paspor. Jumlah tersebut menurun dari capaian semester I tahun 2023 sebesar 10.387 paspor yang dipengaruhi beberapa faktor antara lain masa berlaku paspor yang saat ini telah menjadi 10 tahun dan hal lainnya.

Selain itu, Imigrasi Karimun juga telah menunda penerbitan paspor dengan berbagai alasan antara lain kurangnya persyaratan yang dilampirkan atau karena diduga akan bekerja sebagai PMI Non Prosedural dengan jumlah penundaan sebanyak 50 permohonan.

“Ada kurang lebih 50 permohonan, dengan berbagai alasan yang memang dibenarkan oleh ketentuan,” ujar Zulmanur Arif.

Dari sisi pengawasan dan penindakan keimigrasian telah dilaksanakan kegiatan Operasi Mandiri sebanyak 12 kegiatan, penyelidikan intelijen keimigrasian sebanyak 16 kegiatan, Rapat TIMPORA 1 kegiatan dilanjutkan operasi gabungan sebanyak 1 kegiatan.

Pemberian tindakan administratif keimigrasian terhadap 7 orang, dengan rincian tindakan berupa deportasi sebanyak 6, penangkalan 6, pendetensian 2 dan pengenaan biaya beban 1.

Dari sisi perlintasan keluar masuk wilayah Indonesia di tempat pemeriksaan Imigrasi kami mencatatkan jumlah kedatangan WNA mencapai 26.272, keberangkatan WNA 27.363, kedatangan WNI sebanyak 80.876 dan keberangkatan WNI 81.979 orang, yang apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2023 kedatangan dan keberangkatan WNA mengalami kenaikan. Namun untuk kedatangan dan keberangkatan WNI dari dan ke luar wilayah Indonesia mengalami penurunan.

“Pada periode semester I tahun 2023 kami mencatatkan jumlah kedatangan WNA mencapai 23.832, keberangkatan WNA 24.041, kedatangan WNI sebanyak 117.648 dan keberangkatan WNI 112.795 orang. Dari sisi pengawasan di perlintasan kami mencatat penundaan keberangkatan WNI yang diduga akan bekerja sebagai PMI Non Prosedural sebanyak 55 orang dan penolakan kedatangan WNA sebanyak 9 orang,” ungkap Zulmanur Arif.

Lanjut Zulmanur Arif, dalam rangka penyebaran informasi kepada masyarakat telah dilaksanakan berbagai kegiatan sosialisasi dengan berbagai tema antara lain E-Paspor (Paspor Elektronik), pengembangan Aplikasi M Paspor dan penyebaran informasi Keimigrasian melalui media sosial.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan Keimigrasian kepada masyarakat pada periode Semester I Tahun 2024 telah dilaksanakan berbagai kegiatan pelayanan Keimigrasian berbasis kebutuhan masyarakat seperti pelayanan Paspor Simpatik dihari libur yang rutin dilaksanakan 1 kali dalam sebulan untuk dapat mengakomodir masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dihari kerja dengan total kegiatan sebanyak 6 kegiatan dengan jumlah pemohon sebanyak 237 pemohon, layanan Imigrasi Antar Pulau (SILAU) dibeberapa lokasi wilayah Kabupaten Karimun, antara lain di Pulau Tanjung Batu dengan jumlah pemohon 34 orang dan Pulau Gunung Papan melayani pemohon Ramah HAM sebanyak 1 orang.

“Layanan SILAU langsung mendekatkan layanan Keimigrasian menjangkau masyarakat yang memiliki keterbatasan akses ke Kantor Imigrasi,” ujarnya.

Tidak lupa dalam pernyataannya Zulmanur Arif mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Karimun, instansi terkait dan seluruh rekan media dan Lembaga Swadaya Masyarakat yang telah mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kantor Imigrasi Karimun. (Jaya Sainofi)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Generasi Emas Bebas Stunting, PT Timah Tbk Hadirkan Program Kemunting di Lingkar Tambang

27 September 2025 - 17:47 WIB

Medical Check Up, Strategi PT Timah Tbk Dukung Karyawan Sehat dan Aman Bekerja Serta Penguatan Program K3

26 September 2025 - 16:51 WIB

Mobil Sehat PT Timah Tbk Hadir di Pulau Belitung, Ratusan Warga Bisa Berobat Gratis

26 September 2025 - 15:54 WIB

PT Timah Tbk Laksanakan Program 1000 Pohon Untuk Negeri, Mitigasi Perubahan Iklim dan Dukung Ekonomi Masyarakat

25 September 2025 - 18:57 WIB

PT Timah Terus Hadirkan Akses Pendidikan, Dari Beasiswa Pemali Boarding School hingga Bangku Kuliah

8 September 2025 - 18:03 WIB

PT Timah Tbk Wujudkan Pertambangan Berkelanjutan Melalui Reklamasi Laut

7 September 2025 - 18:06 WIB

Trending di Daerah